Hola Friends :)

welcome blog walker (o_o)b

Sunday, February 20, 2011

Jadilah Teman Yang Baik dan Benar

gue masih masa masa sekolah nih, tanda nya gue bakal banyak bersosialisasi dengan banyak temen-temen yang sebaya gue. dan berteman dengan teman sebaya itu cukup sulit kalo menurut gue, karena yang seumuran (termasuk gue) adalah jenis jenis remaja labil, yang masih mentingin ego dan sekitarnya. pasti kamu juga pernah kan ngerasain marahan sama temen karena masalah sepele?
dan kalo anak seumuran gue ada yang berani mengatakan dengan jelas kalo "ya gue salah, maafin gue". itu adalah tindakan heroik sekali, karena meminta maaf dan memaafkan adalah perbuatan mulia :O

nah!
tapi kan ada kala nya kamu ketemu teman yang menyebalkan ataupun ga cocok banget sama kamu.sampe adakala nya kamu kesel sampe ke ubun-ubun dan rasanya mau kamu acak acak mukanya kaya adonan mie, terus kamu banting banting kamu pelintir, kamu injek injek. ataupun kamu berasa banget mau ngangkat dia terus kamu lempar dari jendela lantai 10 (aduh emosi)

kalo udah kesel gini, cara buat mengatasinya adalah :

1.jangan menjauhinya, tapi jangan terlalu dekat
karena kalau menjauhi nya, sama saja berarti kamu juga bukan teman yang baik dong? nanti nya kamu akan di cap sebagai orang yang pemilih dalam berteman. sebaiknya kamu jangan terlalu dekat dengan nya dan menjaga jarak, tetaplah mengobrol seperti biasa. 

2.jangan membicarakan kejelekan temanmu kepada teman yang lain
karena hal kaya gini, yang bener bener bisa menimbulkan permusuhan.hal ini pastinya tidak membuat kamu jadi orang yang lebih baik dari teman yang kamu benci itu.

3.jangan jadi orang yang bermuka dua
kamu tetap bersama teman yang kamu benci itu, tapi saat bersama nya kamu memasang senyum tapi dibelakangnya kamu mengumpatnya dengan kata kata kasar ataupun menjelekannya.hal ini bahkan ga bikin kamu jadi orang yang lebih baik.

4.jelaskanlah apa salahnya dengan kata-kata yang tepat
teman kamu berkata "gue salah apa?" dan dengan emosi to the max kamu berkicau ria dengan mengatakan semua kejelekannya dari a-z. dengan nada yang tidak mengenakan dan menyindir. kamu juga tidak sempurna dan pasti punya banyak salahkan?
jelaskan dengan kata yang pendek padat dan jelas, gunakan kata yang pas agar dia paham. jangan malah menyakiti hatinya dengan berkata seperti itu. kamu pasti kesal kan kalau ada di posisi sebaliknya? 




Q : tapi gue cuma minta saran sama temen gue kok, gue bilang sama temen gue biar temen yang lain ga kejebak sama temen gue yang nyebelin itu.kan kasian yang lain, jadi gue kasih tau aja kejelekannya dia
A : tapi itu bukan SOLUSI. kamu sama halnya aja menghasut temen temen kamu buat ngejauhin orang yang kamu anggap salah dengan satu sudut pandang kamu. jadi ada baiknya kalau kamu memberitahu teman kamu apa yang salah dan memberinya kesempatan untuk memperbaiki sifatnya.

Q : dia minta maaf sama gue, tapi gue ga yakin mau maafin dia. dia nyebelin dan gue ga suka
A : orang yang ikhlas memaafkan itu jauh lebih mulia dari orang yang meminta maaf lho. ga ada salah atau pun ruginya kalau kamu memaafkan teman kamu.kalau pun kamu tidak ingin dekat lagi dengan teman kamu, tidak apa tapi yang jelas jangan ada dendam di antara kalian.

Q : dia udah minta maaf dan gue maafin, tapi kenyataan nya dia ga berubah dan berusaha nusuk gue dari belakang!gue berasa kaya fitri yang dianiaya sama mischa lahir batin
A : wah benarkah dia berusah berbuat sebegitu jauhnya sama kamu? wah dia ga ada bedanya sama mischa di cinta fitri dong :O kalau kamu punya bukti yang kuat, tanda nya dia bukan lah teman yang baik. kamu boleh manjauhinya. tapi jangan membicarakan kejelekan teman kamu ini, membicarakan orang itu dosa loooh.jangan beri dia kesempatan untuk melakukan hal yang jahat kepada kamu. 


nah, kalian juga boleh baca posting punya ka Wina Dwi Septi yang ini http://immoretalk.blogspot.com/2011/02/frends.html
bagus loh posting nya :) 

nah sekian deh dari gue,walaupun gue juga mungkin ada salahnya sama temen temen gue, mudah-mudahan dengan posting ini gue sendiri bisa inget apa yang harus gue lakukan dan enggak lakukan kalo punya permasalahan kaya gini. gue selalu berusaha jadi temen kalian yang baik MySpace

2 comments:

  1. nice inpo gan!
    tapi masih mendingan kamu loh, pertemanan di sekolah jauh lebih enak drpd kalo udah kuliah yang lebih cenderung "lo ya elo, gue ya gue" .

    kalo kuliah, temen asal temen aja, jangan dijadiin sahabat. susah nyari sahabat kalo udeh kuliah. karena disini kita kan saling berkompetensi banget.

    pokoknya nanti bakalan berasa banget deh, enakan temenan sama tmn sekolah drpd di kampus. trust me, it works! muahaha :))

    ReplyDelete
  2. hahaha iya sih ka, tapi aku kadang malah ngerasa kalo individualis itu lebih baik.
    terlalu deket, kadang bikin salah satu sifat jelek temen kita keluar :O

    tapi aku alhamdulilah banget punya sahabat sahabat SMA yang semua nya baik banget :D

    ReplyDelete

silahkan komentar nya :D