Hola Friends :)

welcome blog walker (o_o)b

Friday, June 7, 2013

Selesai Kuliah Mau Jadi Apa?

seringkali manusia dikasih pertanyaan yang sulit banget ditemuin jawabannya.
hal yang sensitif buat mahasiswa kayak gue adalah segala macam pertanyaan yang ada hubungannya sama kuliah.

dari awal gue lulus SMA, gue udah dikasih berbagai macam pertanyaan yang harus sehebat mungkin gue jawab tanpa keraguan. supaya gue bisa terus maju.

"kuliah dimana jadinya?"
"mau pilih kampus mana?"
"jurusan apa?"
"lulusnya 4 tahun kan nanti?"
"kalau lulus mau jadi apa?"
"mbak, mama pengen punya cucu."
gue cuma bisa ketawa sambil nyiapin jawaban buat bikin reda api pertanyaan macam kayak gitu :))


kuliah dimana?
dulu gue mengebu-gebu banget mau bikin maju pariwisata indonesia, bikin travel agent dan keliling indonesia dari ujung barat ke ujung timur, ke ujung utara sampe ujung paling selatannya.
saat yang lain sibuk milih kuliah di perguruan tinggi yang kece di daerah bandung dan yogyakarta, ngikut snmptn dan segala macem USM.

gue beda.

gue cuma milih satu univ pariwisata aja, tapi nasib berkata lain, gue gak lolos :))
dari segala macem rintangan yang udah gue lewatin ternyata tuhan kasih cobaan biar gue mikir lagi apa tujuan hidup gue. ini perasaan yang sama kayak waktu ujian masuk SMP gue.
gagal men.

"mama tau kamu udah punya tujuan, tapi kamu gagal mba. tolong jangan bikin mama kecewa. cepet cari tempat kuliah lain. tapi kalau kamu milih kuliah cuma buat batu loncatan setahun mama gakmau."
gue mikir.

kampus mana?
cuma sisa dua kampus saat itu, karena semua USM banyak yang udah selesai. ada dua univ, dua duanya punya lokasi di bandung. kenapa bandung? supaya gak terlalu jauh. dan lagi bisa satu kota sama kaka lai-laki gue disini. keluarga pun gak akan terlalu jauh kalau mau jengukin gue.
satu univ swasta, dan satu univ negeri kedinasan. cuma sisa one day test. kesempatan terakhir banget kan? ini baru menantang :))

gue putusin buat milih univ negeri kedinasan. STT Tekstil.
susah buat cari kampusnya, gue baru liat kampus ini pertama kali. saat gue dateng ke kampus nya pertama kali gue ngerasain sesuatu yang beda di kampus ini.
"ah mungkin ini kampus gue nantinya."
selesai one day test gue langsung balik lagi ke cirebon.
capek dan pasrah, tapi gak tau kenapa ada keyakinan kalau gue bakalan betah di kampus ini.

jurusan apa?
gue masuk jurusan Kimia Tekstil.
punya temen sekelas yang baik dan rame. dengan cepet gue bisa bersosialisasi sama orang sekitar. tapi entah kenapa ada yang gak 'klik' disini. gue dipersulit sama dosen kimia umum gue yang dengan baik hati ngasih nilai 'E'. for no obvious reason.
"kamu jurusan kimia kan mbak? kok nilai kimianya bisa E? papa gak yakin kamu serius kuliahnya."
hahahaha
keseriusan kuliah gue mulai dipertanyakan di semester 1. gara gara satu nilai mata kuliah.
papa nyaranin gue buat siap siap ikutan USM lainnya tahun depan. gue gak bisa nolak dan cuma bisa jawab : "kita liat aja gimana perkembangannya semester depan ya pa."

dan, nilai kimia umum gue E lagi :))
maybe that i had some strange chemistry with my chemistry lecturer.
makanya beliau hobi banget kasih gue nilai E. gue ketawa.

temen gue ada yang ngajakin gue buat pindah jurusan, tentunya masih dikampus yang sama.
ada kesempatan buat ganti jurusan di kampus gue, tahun pertama kita masih dibagi dalam TPB. masuk semester 3, mulailah spesialisasi jurusan. dan gue bertekad buat pindah kejurusan Teknologi Bisnis Garmen.
ini kesempatan gue, banyak yang mempertanyakan kenapa gue pindah jurusan. temen kelas gue pun menyayangkan kenapa gue pindah. keluarga gue bahkan khawatir, tapi gue yakin gue bisa ngelewatin fase ini. surat pindah jurusan berhasil di tanda tanganin diatas materai 6000. dengan banyak proses :)

temen kelas gue tanya kenapa gue pindah, begitu juga temen temen jurusan gue.
gue gak bisa jawab pertanyaan mereka dengan jelas kecuali dengan kalimat "ya pokoknya mau pindah aja."
padahal mereka gak tau kalau kepindahan itu bukan sekedar main main. gue gak punya banyak waktu buat main main.

lulusnya 4 tahun kan nanti?
mama selalu nanyain hal ini, mama bosen dijanjiin 4 tahun sama dua kaka gue :))
"iya mam, doain aja ya biar kuliahnya lancar."
gue ngerasa kuliah itu bukan kewajiban buat gue. tapi hak gue. iya gue punya hak buat kuliah karena gue yang minta, bukan karena disuruh sama mama papa. makanya kewajiban gue adalah nyelesein apa yang udah gue mulai ini. iya kan :)
walaupun kadang rasa bosen dan males ada, gue bersyukur sama temen kelas gue yang selalu ingetin gue buat masuk kelas.

kalau lulus mau jadi apa?
mungkin ini masih rahasia yang gak bisa gue jawab karena emang masih samar. semakin hari semakin banyak option yang memungkinkan gue bisa jadi apapun yang gue mau iya kan :D
mungkin kerja di bagian merchandising, mungkin dibagian pemasaran, mungkin punya butik, mungkin jadi crafter. banyak!

mbak, mama pengen punya cucu?
ini yang paling gue gak bisa jawab, mama mau punya cucu. karena banyak dari tetangga komplek yang seumuran mama udah punya cucu. mama mau punya cucu saat mama masih sehat supaya bisa main main sama cucunya. sayangnya kaka gue dua dua nya lagi menikmati masa muda dan kuliah mungkin?
dengan senang hati mereka bilang 
"yaudah, kamu kuliah yang bener ya dit. tugas kamu buat kasih mama cucu."
ini bercandaaaaaaaaaaaaaa

2 tahun kehidupan gue yang jauh dari rumah ini seringkali bikin gue berfikir tentang banyak hal. tentang hal-hal yang udah gue lewatin, sekarang bandung rasanya udah gak se-asing dulu. it almost feels like home. 
kalian juga kan? mungkin banyak yang ama kaya gue, jauh dari rumah dan lagi kuliah. semangat!
cepet sampai ketujuan akhir masa depan kalian masing masing ya, supaya hemat umur, supaya bisa ngerasain perasaan sampai di garis finish selesai lomba lari. iya kan? 
"ah, i've been there and done that part."
kemudian siap lari-lari kemanapun yang kalian mau!

mudah-mudahan segala misi yang gue punya segera terselesaikan disini ya, biar bisa cepet sampai garis finish dan lari ke track lain buat sampai di garis finis lainnya.
chao!

6 comments:

  1. semoga kesampian apa yang dicita-citakan,

    ini gue udah selesai kul sekolah kedinasan, masih menunggu penempatan jadi PNS, tapi diluar dari itu sisi diri gue bilang kalo gue mampu jadi pengusaha,,, kumpulin modal dulu dari gaji PNS nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju!
      kerja dulu, pastiin itu yang mau dijalanin apa enggak, kalaupun panggilan jiwa usaha ngarah ke yang lain, biar waktu sama hati yang jawab.

      semangat ('___')9

      Delete
  2. Haha. Gue jadi termotivasi habis baca postingan ini. "Kuliah itu hak, menyelesaikannya adalah kewajiban menuntaskan apa yang sudah kita mulai", keren.
    Semangat ya, Dit *nyanyi jangan menyerah d'masip*

    Etapi gue juga pernah pindah jurusan sih, you are not alone :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita samaaaaaa :O

      pasti dong gak akan nyerah, masih belum keliatan ujungnya, jujur gue ngerasa agak 'stagnan' pengen banget bisa ngehasilin uang biar bisa -jajan sendiri-
      ah tapi tepis dulu, yang penting kuliah dengan hasil bagus :)

      semangat!

      Delete
    2. Temen gue yang lebih dewasa dari gue pernah bilang, apapun yang kita mau nanti, kita harus tetap fokus sama apa yang bisa kita lakuin sekarang. Fokus kuliah aja dulu, kasian mama sama papa udah menyekolahkan, paling nggak bikin mereka senang dulu liat kita pakai toga. Apalagi mama tuh, udah pengen nimang cucu...

      Delete
  3. wow kak, kayaknya lo seniman kehidupan banget ya. hahaha. i mean, selalu ambil sisi indah dari suatu peristiwa. that smileys you put after some bringing down sentences.. gue mesti berguru kayaknya haha.

    pasti dapet yang terbaik!

    ReplyDelete

silahkan komentar nya :D