Hola Friends :)

welcome blog walker (o_o)b

Monday, October 24, 2011

Pemuda dan Pemudi Sebagai Agen Pembawa Perubahan

saat diberikan sebuah wacana sebagai 'Agen Pembawa Perubahan' apakah yang kamu fikirkan sebagai generasi muda?

kalau saya,
saya mulai berfikir bahwa sayalah sebagian dari 'Perubahan' yang mungkinnya nanti akan terjadi. sebagai bukti kecintaan saya pada negri sendiri, sebagai bukti dan tanda bahwa saya bisa jadi kebanggaan orang tua saya, sebagai bukti bahwa syang menghargai bakat dan potensi yang sudah tuhan berikan kepada saya.

untuk membuat perubahan besar, tidak bisa dilakukan secara instan.
guru saya saat SMA mengatakan,
"perubahan itu dimulai dari sesuatu yang kecil, secara rutin, dan dimulai dari sekarang."
perubahan besar memerlukan komitmen yang besar

dari sesuatu yang kecil,
maka saya akan memulai dari hal-hal yang paling sederhana.

1) Menghargai Waktu
datanglah tepat waktu dan hentikan kebudayaan telat dan jam karet. secara pribadi, saya masih saja terlambat dalam pertemuan ataupun bila membuat janji dengan seseorangmaka saya ingin merubah hal itu :)
dengan datang tepat waktu, satu dua hal yang sudah kita rencanakan dari awal pasti nya akan berjalan sesuai rencana kan?
rencana akan terealisasikan satu perstu, dengan membudayakan diri kita pada tepat waktu, kita menghindarkan diri kita dari 'pemborosan rencana'. banyak rencana tapi sedikit yang terealisasikan, persis seperti apa yang dilakukan 'para generasi yang dulu nya muda'

2) Catat Ide-ide Kecil
sesuatu yang besar, berasal dari hal-hal yang kecil.
dengan mecatat ide-ide kecil, berarti tidak menutup kemungkinan bahwa ide ide kecil ini nantinya akan berkembang menjadi sesuatu yang besar kan?

3) Bertemu Orang Baru = Bertemu Hal-hal Baru
perluas pertemanan dalam hal positif  akan membawa kamu dalam hubungan koneksi luas yang mendatangkan banyak keuntungan bagi kamu nanti nya :)

4) Bersuara Mengikuti Suara Hati
jika kamu berkata A, maka konsisten lah pada A yang telah kamu pilih. pemuda dan pemudi adalah orang yang konsisten pada kata-kata nya, mengikuti suara hati dan berani menyuarakan apa yang benar menurut apa kata hati nya. tanpa kekerasan, dengan fikiran, dan bukannya otot yang bekerja.

5) Berkelompok Karena Satu Visi bukan Karena "Misi"
para generasi muda berkumpul dengan orang orang yang mempunyai satu visi dan tujuan yang sama, bersama dan berkelompok karena saling membantu satu sama lainnya. bukan karena mempunyai "misi" dan hasutan tertentu.

6) Sadar akan Potensi Diri
generasi muda diwajibkan menyadari hal-hal yang menjadi potensi dirinya. mengembangkannya dan membawanya pada hal-hal yang akan dapat bermanfaat bagi manusia yang lain. perbedaan itu ada karena keragaman sifat manusia. perbedaan membawa kita pada warna hidup dan membawa semangat untuk menyatukan perbedaan. bukan menyamakan perbedaan.

bukan merubah sistem,
karena sesuatu yang sudah berada dalam keteraturan tidak akan dapat dirubah begitu saja. namun, dengan komitmen besar dan keteraturan. kita dapat membuat perubahan.


ayo generasi muda,
buat perubahan kecil bagi Indonesia kita :)

2 comments:

  1. ralat:
    merubah = mengubah
    fikir= pikir
    hmm apa lagi ya....

    Huruf kapital jangan lupa setelah titik.
    Saya ngasih catetan ini bisa memberikan perubahan kan untuk penulisan lebih baik? hehe *sama-sama belajar kakak

    Oh iya, mengubah sistem juga boleh kan? selama perubahan itu menuju kearah yang lebih baik?

    ~sandi~

    ReplyDelete
  2. permisi nona :)

    Izinkanah saya bengong sejenak setelah membaca postingan ini :o

    ReplyDelete

silahkan komentar nya :D