Hola Friends :)

welcome blog walker (o_o)b

Monday, February 6, 2012

Vanguard : Sex, Lies, and Ciggaretes





Saya benci rokok.
Benci bangsa kita yang dijajah karenanya.
World Tobacco Asia selanjutnya akan tetap diselanggarakan di Indonesia. Karena indonesia, merupakan ladang emas dengan manusia-manusia perokok di dalamnya.
Rokok, adalah bahasa persahabatan katanya.
Keren adalah kamu merokok Black Menthol, laki-laki dewasa adalah perokok, banci kalau tidak katanya. Itu yang saya dengar saat SMP.
Ide macet kalau tidak mengerjakan tugas sambil merokok, tidak bisa BAB kalau tidak sambil merokok, mulut asam rasanya kalau habis makan tidak merokok.

Bandung, kota yang saya pilih sebagai tempat menuntut ilmu, mahasiswa dan mahasiswinya perokok. Melihat perempuan merokok di tempat umum sudah biasa, keren katanya.

"Kalau suami anda bekerja di industri rokok, apakah anda mau suami anda kehilangan pekerjaannya?", hardik perempuan bule kepada Ita, salah seorang yang memperjuangkan penghapusan jajahan rokok pada paru-paru orang Indonesia.
"Tapi suami saya tidak bekerja di industri rokok."
"Apa anda mau 8 juta orang Indonesia kehilangan pekerjaannya karena anda menentang industri rokok?"

Pekerjaan? Ironis.
Orang Indonesia mau menjual 50 Dus rokok untuk 1 Kilogram beras.

Rokok penyumbang besar dalam event musik Indonesia.
Sponsor tangguh untuk sepak bola Indonesia.
Indonesia, bahkan mungkin dunia, tutup mulut kalau Nikotin memang adiktif, karena penyumbang besar dalam perekonomian Indonesia adalah rokok. TV layar besar sari perusahaan rokok besar terpampang di jalanan, 24 jam menyiarkan iklan rokoknya. Strategi marketing luar biasa.

Go A Head.
Itu katanya.
Philip Morris.

Indonesia selalu mampu memperkaya harta bangsa sana.


Kakek saya, seorang perokok berat. Saat saya mencium tangannya, saya mencium aroma tembakau pekat. Saat saya mencium pipinya, aromanya sama.
Tembakau yang dibakar dan dihirupnya.

Sesak nafas, keluh kakek saya.
Sebuah tabung oksigen siap siaga disamping dipan kasurnya, dihirup sekali-kali saat nafasnya sesak.
"Karena sudah tua."
Padahal saya tahu karena kakek saya perokok berat.
Sekarang beliau sudah tiada, saat saya kelas 4 SD. Nenek saya sendirian, hingga sekarang.

Tapi,
sulit sekali kan membunuh rasa penasaran?
Rokok itu apa rasanya?
Enak?
Seru?
Kamu pernah mencobanya?
Nikotin itu adiktif, rasa penasaran kamu akan mengantarkan pada merokok lebih dari sekedar penasaran.
Go A Head.

Cukup sudah rasa penasaran saya, karena saya cinta Indonesia :)

31 comments:

  1. udah di donlod? aku minta pidionyaaaa yuaaaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleeeeeh ~(ˆ▽ˆ~) ~(ˆ▽ˆ)~ (~ˆ▽ˆ)~

      Delete
  2. Kaka cobain aja kalo mau tau rasa rokok .. :D Hehe, piss kak .. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. rokok, ya rasa rokok dek. semua hal dewasa itu pahit rasanya =))

      Delete
  3. Uwaaaa bermanfaat dit...kata2 yang gak punya otak "Kenapa rokoknya marlboro?" | "Because i'am cowboy" -___-"

    ReplyDelete
  4. aku gasuka sama cowo perokok, pdhal ayahku perokok--"

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya? emang susah kalau lelaki disurih berenti ngerokok. buruk banget loh dampaknya buat paru paru (x___x)

      Delete
  5. mantan perokok... tapi dah quit.. :')

    ReplyDelete
  6. baru hari jumat kemaren gue ngeliat sekelompok anak muda *masih SMA* (cowo cewe) lagi asik ngumpul. tempat mereka duduk ga jauh dari gue dkk. dan 2 cewek diantara cowok2 itu ngerokok. mungkin yg dipikirkan mereka adalah "im hot,im sexy,im cool,beacuse i smoke". dan bener indonesia selalu jago memperkaya bangsa sana. Indonesia itu cerminan AS berpuluh2 tahun lalu waktu industri rokok berkembang sehebat di Indonesia masa kini. tapi sekarang bahkan harga rokok di AS nyampe 12 dollar / 110ribuan. mereka bisa tanpa rokok,kenapa kita ga bisa ?

    nice post dear !!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tuh akibat strategi marketing nya brand rokok, makanya perempuan mulai berpikir kalau "merokok itu sexy, saya beda dengan perempuan lainnya, saya berani ambil resiko"

      Delete
  7. Gua udah pernah nyoba, dikasih sama nyokap gua, dan rasanya ga enak, waktu itu...mungkin karena itu gua masih SMP kali ya?
    Tapi tetep, setelah nonton video ini, gua bertekad seumur hidup gua ga akan pernah ngerokok. Buat diri gua sendiri, dan juga demi orang2 di sekeliling gua.

    Nice article! =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih ka keven gak ngerokok, wowww ~(ˆ▽ˆ~)
      tipe cowok idaman banget tuh yang gak ngerokok.

      dengan berkurangnya konsumen rokok indonesia, pasti makin sedikit orang luar yang targetin indonesia buat tujuan penjualan tembakaunya.

      Delete
  8. kyaaaa udah keduluan dita, gue jg tadinya mau mosting ttg ini hehe. btw gue benci sama perokok, kmrn pas party di NYUNYU pada ngerokok gt cowo2nya, guenya langsung bengek dan muntah2 -_-

    btw rokok kan pake darah babi

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeee darah babi kak pin? bagian apanya :O
      kalo cowo perokok nya ganteng gimana? *eh*
      kalo kata cowok, rokok itu bahasa persahabatan, sama orang gak kenal, kalo pinjem korek aja langsung bisa ada obrolan. gitu katanya.

      Delete
    2. darah babi dimana kak? menakutkan :O

      Delete
  9. Budaya merokok memang sudah mendarah mendaging, padahal gue juga gak seneng sama yg ngerokok, tapi temen cewek gue sendiri malah merokok -"-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha begitulah Indonesia, pengaruh branding marketing cepet nempel ke otak. rasa penasarannya tinggi :)

      Delete
  10. gue juga benci perokok.
    temen2 gue kebanyakan cowok dan beberapa diantara mereka ngerokok, dan mereka tau kalo gue benci banget deket2 sama yg namanya asap rokok, jadi tiap gue jln sama mereka, pasti sedapat mgkn mereka gak ngerokok di depan gue. hhehe.....

    dulu, waktu kecil, gue sempet pengen nyobain gimana rasanya. tapi yg ada gue malah batuk2 dan sesak napas saat rokoknya baruuuu saja di bakar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, emang harus coba dulu supaya tahu kalo rokok itu memang beneran gak enak. tapi penasarannya udah kan?
      nikotin itu asiktif (-___-) lebih adiktif lagi karena kebiasaan.

      Delete
  11. udah pernah nonton ini.. abis itu langsung ngerasa kayak dibodohin sama iklan2 itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Go A Head, gitu katanya.
      spokeperson nya Philip Morris tiap ditanya jawabannya selalu didahului dengan kata "I don't know it for sure..."

      Delete
  12. yang paling bikin malu itu anak kecil yg udah mulai ngerokok. bapak-ibunya kaya ga punya malu gitu -___- dan dijadiin bahan olok-olokan orang luar negeri pula. nice post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena dianggap 'lucu', aneh, diperhatiin orang. jadi makin disebar :D

      Delete
  13. udah pernah liat video ini. sumpah tambah benci banget sama yang namanya rokok.

    aku sering gitu marah2in temen2 aku yang ngerokok. tapi tetep aja gak ada yang sadar.hrrr

    malah kalo dikasih tau rokok itu bikin mati, malah jawabannya, kita ngerokok gak ngerokok bakalan mati, yaudah mending ngerokok sampe mati aja.

    ckckc pikiran yang sangat dangkal

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget!
      kalo di kampus, hampir semua temen aku adiktif, berasep terus. kalo lagi kumpul, secara gak langsung jadi ikutan hirup asepnya ..

      Delete
  14. wow baru berkunjung udah dilihatin nih video. parah banget mamen industri tembakau yak, gak ada hati apa ya? cuman uang yang mereka pikirkan
    haduhh, musti cari tindakan besar nih untuk memberantasnya.

    kasihan tuh para korbannya entar.

    nice inpoh dan nice video,

    ijin ikat persahabatan yak :)
    salam kenal

    ReplyDelete
  15. nah, makanya negara serba salah.
    mau terus ngebebasin perdagangan rokok tp kasihan kesehatan org indonesia
    mau di hentiin, kasihan negaranya, incomenya jadi dikit :/

    ReplyDelete
  16. waaaaaaaaw nice info. bahkan asap rokok lebih buruk dari bau sampah

    ReplyDelete
  17. sekarang, tidak hanya laki2 remaja, dan dewasa yang merokok...
    bahkan anak kecil pun... :(
    sedih...

    ReplyDelete
  18. Huh. Saya benci rokok. Saya benci sekali, karena saya pernah merokok, dan saya menyesal melakukannya. Hanya bakar2 duit. Merokok itu menghisap asap. Hey! Kayak orang idiot aja asap pake dihisap-hisap. :(

    ReplyDelete
  19. rokok rokok rokok. hate it!
    apa coba untungnya ngerokok?
    banyak banget anak-anak muda di daerah aku yg berprinsip ga ngerokok ga keren. jadul ya mereka? o.o

    gapunya duwit, bela-belain ngutang di warung cuma untuk sebatang rokok? oh please. mendingan ngutang roti atau nasi uduk kenyang deh.

    ReplyDelete

silahkan komentar nya :D