Hola Friends :)

welcome blog walker (o_o)b

Sunday, June 24, 2012

Kepuasan Pelanggan

jadi, suatu cerita gue pergi ke BEC (pusat elektronik di Bandung, disini kamu bisa beli handphone, laptop, kamera, dan gadget lainnya)
gue emang niat banget buat nyari satu barang, kamera fujifilm finepix series S.

dan gue, sendirian.
tadi nya minta ditemenin rindu, tapi mungkin lebih praktis kalo gue sendiri aja yang beli. dan biar aman gue gak pake uang cash, semua ada di ATM yang gue bawa.
dengan polosnya gue jalan naik ke lantai 3, ada satu toko yang majang kamera yang gue mau, gue masuk ke dalam dan tanya.

"Teh, itu kamera fujifilm nya berapa?"
"Oh, itu 1.850.000" dengan tampang yang tidak bersahabat. gue mulai gak yakin kalo dia niat jualan.
dan hasil survey harga kamera yang gue mau harga nya emang sekitaran segitu
"Oh, ada tambahan apalagi dari package nya?"
"Memori 8 Giga"
"Oh makasih"

karena males sama sikap nya yang ga ada basa basi a la penjual, mood gue langsung turun drastis buat beli disitu. padahal gue liat kios nya itu luas, dan nyaman, sayang nya disana seller nya ga bersahabat 'BANGET'. gue tahu mungkin dia lagi ngurus nota, or something that make her busy. tapi masa sih gak niat jualan gitu? lagian gue termasuk serious buyer hari itu.
gue gak perlu banding-banding harga lah, pokoknya yang harga nya yang sesuai, gue langsung beli.

kesel? ya sedikit.
gue coba cari toko lain, pas muter muter gue liat satu kios kecil, kamera yang di display lumayan banyak. gue juga liat kamera yang gue mau lagi di pajang.
ada salah satu penjual nya, cowok, mas-mas gitu lah.
"Nyari kamera apa teh? Masuk dulu aja."

dan kamera Series S yang gue mau ada.
dia langsung turunin box nya dan ngeliatin kamera nya ke gue. masuk utuh asli package nya gitu.
pokoknya sigap nanggepin gue sebagai costumer siang itu.
kios nya lebih kecil daripada toko pertama yang gue samperin.

karena gue mau pembayaran pake ATM, gue bilang sama si mas nya.
"Mas, kalo pake ATM mandiri bisa?"
"Wah disini sedia nya BCA teh, kena charge 3% teh. Mending kita selesein semua nya disini, nanti teteh bareng saya ke ATM, teteh serahin uang nya sambil teteh bawa barangnya. Mau langsung pulang kan nanti nya?"
"Oh gitu, OK."

jadi gue cek segala kelengkapan dan macem macem nya ditoko itu. gue coba dulu jepretan kamera nya.
dengan harga lebih mahal 45.000 dari toko pertama, gue dapet tambahan bonus tas softcase nya, dan pelayanan yang jauh lebih baik dari kios yang pertama.


gue udah ambil kamera yang masih dalam package plus nota pembeliannya, turun ke bawah ke mesin ATM ditemenin bareng mas-mas yang tadi, ambil uang, gue kasihin ke mas-mas nya terus dia kasih kembalian 5000 nya ke gue. selesai. gue pulang dan ngerasa puas sama barang yang gue beli.

"Terima kasih teh, selamat berfoto-foto ya." kata si mas-mas tadi, terus dia langsung naik eskalator lagi balik ke toko nya.


jadi?
bikin puas pelanggan tuh gak susah kan. kalau ramah dan sabar pasti enak kan? dan gue liat kios nya itu, kalo gak salah evertron namanya, setiap ada yang liat display nya mereka pasti tawarin masuk, kita bebas tanya tanya waktu mau beli. 
jauh beda sama yang toko pertama.

gue tau sih kadang gak semua costumer niat nya serius beli kaya gue, malah mungkin ada aja costumer yang jahat dan niatnya nipu, tapi sebagai penjual, keramahan itu nomer satu kan?

sebagai costumer dari kios evertron, gue kasih nilai 8/10.
toko yang pertama? gue kaya nya gak mau mampir kesana lagi ~

7 comments:

  1. BEC= Bandung Electronic Center
    muahuehue asik nih punya kamera~~

    ReplyDelete
  2. Selamat ya punya kamera baru :)

    ReplyDelete
  3. yang besar belum tentu menyenangkan dan yang kecil belum tentu tidak nyaman #apeu

    tambahan. apalagi tambah bete kalo pas kita dateng itu di sinisin, tapi pas orang tua yg keliatan tajir tiba tiba ramah :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha sering nemu kejadian begitu ja?
      padahal modal utama penjual supaya punya banyak pelanggan setia itu keramahannya, kalo gak ramah ya ....
      nyebelin ~

      ada satu toko alat tulis di kota gue, disana emang lebih murah, tapi yang jaganya (yang jaga loh ya, bukan pemilik) judes nya gak ketulungan, lagi liat liat aja langsung disamperin "Mau beli apa mbak?" judes abis.
      kaya begitu ke semua pelanggan.

      gue males, mending beli di gramedia sekalian, biar lebih mahal tapi yg penting gak dijudesin ~

      Delete
  4. kadang penjual juga suka menilai dari pakaian kita, mereka suka membeda2kan pelayanan mereka gitu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah, kenapa penjual suka underestimate sama pelanggan.
      jujur gue paling gak suka sama sikap yang begitu -___-"
      tapi ya...
      jadi pengalaman tersendiri aja :)

      Delete

silahkan komentar nya :D